Fakultas Agama Islam memiliki 2 pilihan program studi, yaitu: Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Prodi PAI telah terakreditasi "A" berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional (BAN) PT No. 0733/SK/BAN-PT/Akred/III/2017 sedangkan Prodi PGMI terakreditasi "B".

FAI UMPO bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang : 

  1. Memiliki keilmuan PAI dan Pendidikan Dasar yang komprehensif
  2. Memiliki inovasi dalam pembelajaran PAI atau Pendidikan Dasar
  3. Memiliki Integritas dan moral Islami 
  4. Memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian, pengabdian, dan kerjasama dengan pihak lain dalam bidang PAI dan Pendidikan Dasar.  

 

FAI memberikan materi Entrepreneurship sebagai bekal menjadi sarjana plus yang diarahkan kepada kewirausahaan dalam bidang pendidikan dan penumbuhan kreativitas. Mahasiswa diajak langsung ke sekolah/madrasah/pondok pesantren dan tempat-tempat usaha yang mempunyai relevansi dengan dunia pendidikan. Mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan berbahasa Arab dan bahasa Inggris aktif melalui berbagai kegiatan penunjang diantaranya: Arabic Camp, English Camp maupun bekerjasama dengan lembaga lain. Selain itu mahasiswa juga dibekali penguasaan teknologi informasi sehingga mereka mampu menjawab tantangan zaman. 

 

Program Guru PAI Berbasis Multi-Soft Skill 

Berbasis konteks zaman yang terus berkembang Prodi PAI menyiapkan para calon Guru PAI dengan rumpun keilmuan dan keguruan yang profesional dilengkapi dengan softskill yang lengkap untuk menyongsong masa depan, meliputi: kewirausahaan, bahasa asing (Arab dan English), pendidikan Al-Quran (tartil-Tahsin), pendidikan kedisiplinan, baris berbaris, pendidikan Kepramukaan dan bakat minal melalui kegiatan student day. 

 

Prodi PGMI Berbasis Multi-Soft Skill 

Program studi PGMI menghantarkan lulusan untuk menjadi "Guru Kelas Plus" profesional di tingkat MI/SD, tidak sekedar profesional sebagai guru akan tetapi juga dibekali dengan multi soft skill yang sangat dibutuhkan untuk menyiapkan generasi bangsa yang cerdas, terampil, dan bertaqwa kepada Allah SWT.  

Prospek kerja : Guru, Dosen, Peneliti, Kemenag, Kemendikbud, Bimbel, Penerbit, Penulis, Entrepreneur, dll. 

 

Prodi Psikologi Islam 

Program Studi S1 Psikologi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo akan membekali para lulusannya dengan beberapa kompetensi diantaranya

  1. Kompetensi Utama Program Studi S1 Psikologi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo yaitu menjadi tenaga ahli di bidang Ekonomi Syariah dengan beberapa kriteria:
  1. Dapat mengaplikasikan Ilmu Psikologi khususnya Psikologi Islam di masyarakat.
  2. Menguasai dasar-dasar teori psikologi dan instrumen Psikologi Islam.
  3. Mampu merancang framework manajerial Psikologi Islam.
  1. Kompetensi Pendukung dengan kriteria, yaitu:
    1. Mampu mengembangkan ilmu psikologi khususnya Psikologi Islam sesuai dengan perkembangan zaman.
    2. Mempunyai daya analisis kritis dan kreatif terhadap berbagai isu mengenai psikologi khususnya Psikologi Islam.
  2. Kompetensi soft skilldengan kriteria, yaitu:
    1. Kemampuan berkomunikasi secara international.
    2. Terampil bekerja dalam team work.
    3. Mampu memberikan pengaruh positif pada lingkungan.
    4. Amanah dalam perilaku profesi maupun sosial.

 

Prodi Ekonomi Syari'ah 

Program Studi S1 Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo akan membekali para lulusannya dengan beberapa kompetensi diantaranya:

  1. Kompetensi Utama Program Studi S1 Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo yaitu menjadi tenaga ahli di bidang Ekonomi Syariah dengan beberapa kriteria:
  1. Dapat mengaplikasikan Ilmu Ekonomi khususnya dalam ilmu Ekonomi Syariah di masyarakat.
  2. Menguasai dasar-dasar teori Ekonomi dan instrumen Ekonomi Syariah.
  3. Mampu merancang framework manajerial Ekonomi Syariah.
  4. Mampu  menguasai pendidikan dan pengajaran yang berfokus pada pengembangan ekonomi syariah.
  5. Mampu menghasilkan kegiatan penelitian terkait ekonomi syariah.
  6.  Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang diarahkan pada pemecahan masalah masalah ekonomi syariah.
  1. Kompetensi Pendukung Program Studi S1 Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan kriteria yaitu:
  1. Mampu mengembangkan Ilmu Ekonomi Syariah sesuai dengan perkembangan zaman.
  2. Mempunyai daya analisis kritis dan kreatif terhadap berbagai isu mengenai Ekonomi Syariah.
  1. Kompetensi Soft Skill Program Studi S1 Ekonomi Syariah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo dengan kriteria yaitu:
  1. Kemampuan berkomunikasi secara international.
  2. Terampil bekerja dalam team work.
  3. Mampu memberikan pengaruh positif pada lingkungan.
  4. Amanah dalam perilaku, profesi, maupun sosial.

 

Prodi Perpustakaan dan Informasi Islam

Tujuan khusus dari Program Studi S1 Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo adalah menyiapkan calon-calon pustakawan dan atau tenaga teknis perpustakaan dalam bidang perpustakaan yang memiliki kemampuan dalam:

  1. Menjalankan kewajiban sebagai pustakawan (tenaga teknis perpustakaan)  yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian, memiliki softskill yang baik, dan menjadi panutan bagi para pustakawan dan masyarakat  pada umumnya.
  2. Melaksanakan tugas sebagai pustakawan atau tenaga teknis perpustakaan di tingkat sekolah dasar, menengah atau perguruan tinggi secara profesional, loyal, kreatif dan inovatif, serta menjunjung tinggi kode etik profesinya.
  3. Mengembangkan keilmuan di bidang perpustakaan untuk kemajuan diri dan lembaga atau institusi tempatnya bekerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  4. Mengembangkan kemampuan dalam bidang teknologi informasi Islam sebagai bentuk adaptasi terhadap perkemangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang semakin maju.
  5. Mengintegrasikan teknologi informasi dalam mempermudah sumber, bahan literasi studi Islam sehingga lebih efektif dan efisien, serta memperluas penyebaran informasi Islam.
  6. Menyelenggarakan proses pengajaran yang produktif dan inovatif sesuai kebutuhan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta kepentingan dunia usaha.
  7. Mengembangkan proses belajar dengan iklim akademik yang dinamis yang mendukung tumbuhnya pemikiran-pemikiran yang kritis dan analitik.
  8. Mengembangkan gagasan dan minat untuk menekuni bidang-bidang kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam untuk memperkaya sumbangan keilmuan yang senantiasa inovatif dan sesuai dinamika perkembangan masyarakat.
  9. Mengembangkan proses pembelajaran yang mampu menghasilkan rancangan sistem di bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam.
  10. Mengembangkan kajian-kajian serta penelitian ilmiah yang inovatif untuk menunjang pengembangan Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam serta pengabdian pada masyarakat.
  11. Mengembangkan proses pembelajaran yang mendukung kompetensi lulusan yang mampu mengelola informasi secara profesional.

 

Untuk mengetahui sebaran Mata Kuliah serta beban SKS yang harus diambil mahasiswa selama kuliah di FAI, silahkan klik tautan berikut : 

Sebaran Matkul PAI 

Sebaran Matkul PGMI